Apa itu Ripple?

Awalnya dirilis pada 2012 sebagai iterasi berikutnya dari Ripplepay, Ripple adalah sistem penyelesaian bruto (RTGS) real-time. pertukaran mata uang dan jaringan pengiriman uang. Menggunakan buku besar yang dikelola oleh jaringan server yang memvalidasi secara independen yang terus-menerus membandingkan catatan transaksi, Ripple tidak bergantung pada energi dan komputasi bukti kerja intensif yang digunakan oleh Bitcoin. Ripple didasarkan pada database publik bersama yang memanfaatkan proses konsensus antara server yang memvalidasi untuk memastikan integritas. Server yang memvalidasi tersebut dapat menjadi milik siapa saja, dari individu hingga bank.

Protokol Ripple (token direpresentasikan sebagai XRP) dimaksudkan untuk memungkinkan transfer uang secara instan dan langsung antara dua pihak. Semua jenis mata uang dapat ditukar, dari mata uang fiat ke emas bahkan mil maskapai penerbangan. Mereka mengklaim menghindari biaya dan menunggu waktu perbankan tradisional dan bahkan transaksi cryptocurrency melalui pertukaran.

Ini adalah server validasi dan mekanisme konsensus yang cenderung membuat orang berasumsi bahwa Ripple adalah teknologi berbasis blockchain. Walaupun berorientasi pada konsensus, Ripple bukanlah blockchain. Ripple menggunakan HashTree untuk meringkas data menjadi nilai tunggal yang dibandingkan di seluruh server validasinya untuk memberikan konsensus.

Bank tampaknya menyukai Ripple, dan penyedia pembayaran semakin banyak bergabung. Itu dibangun untuk perusahaan dan, meskipun dapat digunakan orang ke orang, itu sebenarnya bukan fokus utamanya. Tujuan utama platform Ripple adalah untuk memindahkan banyak uang ke seluruh dunia secepat mungkin.

Sejauh ini, Ripple telah stabil sejak dirilis dengan lebih dari 35 juta transaksi diproses tanpa masalah. Ia mampu menangani 1.500 transaksi per detik (tps) dan telah diperbarui untuk dapat menskalakan ke tingkat Visa 50.000 transaksi per detik. Sebagai perbandingan, Bitcoin dapat menangani 3-6 tps (tidak termasuk lapisan penskalaan) dan Ethereum 15 tps.

Token Ripple, XRP, tidak ditambang seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan banyak cryptocurrency lainnya. Sebaliknya, itu dikeluarkan pada awal, mirip dengan cara perusahaan menerbitkan saham ketika menggabungkan: Pada dasarnya hanya mengambil nomor (100 miliar) dan mengeluarkan banyak koin XRP.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Sorry we couldn't be helpful. Help us improve this article with your feedback.